Panduan Lengkap Menghitung Volume Kuda-Kuda

Panduan tentang menghitung volume kuda-kuda atap bangunan dijelaskan pada artikel ini. Yuk disimak sebagai bahan pengetahuan untuk karir anda bekerja nanti.

Mendengar kata Volume, pasti bukan hal asing lagi di telinga kita para engineer sipil terutama yang bagian Estimator nih, alias yang buat RAB. sebenarnya sih tidak ada hal yang sulit kalau kita paham. contohnya ketika kita mau hitung volume kubus adalah : 

sebagai contoh, misalnya kita namain aja setiap sisi dengan sebutan panjang, lebar dan tinggi. misalnya panjang 5 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 5 meter, maka volumenya adalah 5x5x5 = 125 m3 (meter kubik). mudahkan ? 

Sekarang yang mau kita bahas adalah bagaimana cara menghitung volume kalau itu adalah sebuah rangka kuda - kuda yang sudah jadi ? kalau masih balok ajakan gampang ya, tinggal hitung volumenya kayak contoh di atas, Panjang x Lebar x Tinggi. 
Sewaktu saya kuliah dan di hadapkan pada pelajaran manajemen konstruksi dan belajar untuk membuat RAB, salah satu hal yang sulit bagi saya adalah menghitung volume konstruksi kuda - kuda ini, setelah saya pelajari dan paham ternyata tidak sulit kok. 
Nah.. jadi di artikel ini saya mau berbagi dengan teman - teman semua, bagaimana caranya kita menghitung volume kuda - kuda ini. 

seperti contoh gambar diatas, kita mau bahas bagaimana hitung volume kuda - kuda diatas : 

Penyelesaian : 
Yang pertama kita lakukan adalah kita perlu menjumlahkan setiap panjang balok kayu yang ada. 

Panjang = (3.5x2) + (1,75x2) + (1,5x2) + 1,8 + 6 = 21.3 meter

kemudian kita kalikan lagi dengan luas penampang balok yang kita gunakan, misalnya kita gunakan balok ukuran 8/12 cm, maka : 

Volume = Panjang x luas penampang balok
             = 21.3 x 0.08 x 0.12
             = 0,20448 m3 (selesai)

Gimana, mudahkan ?? hehehe..... nah, volume diatas barulah volume untuk 1 kuda - kuda, kalau misalnya ada lebih dari 1 rangka kuda - kuda, artinya kita tinggal kalikan aja volume 1 kuda - kuda dengan jumlah kuda - kuda yang ada. Contohnya ada 3 rangka kuda - kuda, maka volume total 3 rangka kuda - kuda ini adalah : 

Volume total = 0,20448 x 3 
                   = 0,61344 m3

kalau kita mau cari tahu harganya, berarti hanya perlu mengkalikan volume total dengan harga satuan. contohnya harga satuan pekerjaan kuda - kuda 1 m3 adalah Rp. 7.000.000,00 (Tujuh Juta Rupiah) maka total harga yang harus di anggarkan adalah : 

Harga Anggaran = volume total x harga satuan
                        = 0,61344 x Rp. 7.000.000,00
                        = Rp. 4.294.080,00 

Gimana mudahkan ?? oke sekian dulu ya sedikit pengetahuan yang dapat saya bagikan buat kalian semua, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Tipe Jenis Agregat

Perbedaan Penambahan Kimia Pada Beton

Konstruksi Jembatan Berdasarkan Material

Perihal Struktur Atas Dan Bawah Bangunan

Pengertian Dasar PLAXIS

Materi Terbaru