Tugas Dan Wewenang Personalia Kunci Proyek
1. Manajer Proyek ( Project Manager)
Tugas dan Tangung jawab Manajer Proyek adalah :
- Menetapkan sasaran dan menjelaskan cara mencapai sasaran tersebut dan menentukan orang-orang yang tepat sesaui kewenangannya.
- Mendemonstrasikan kepemimpinan serta memberikan motivasi kepada seluruh jajarannya.
- Melakukan Evaluasi atas kemajuan pelaksanaan dan mengambil tindakan yang tepat bila terjadi deviasi.
- Bertangung Jawab mengintegrasikan usaha dari sekelompok orang dari berbagai fungsi untuk mencapai sasaran proyek yang spesifik.
2. Site Engineering Manager (SEM)
Tugas dan Tanggung jawab SEM/Site Engineering Manager adalah:
- Perencanaan metode pelaksanaan (Construction Method)
- Perencanaan gambar kerja (Shopdrawing)
- Perencanaan jadwal pelaksanaan (Master Schedule), Jadwal bahan (Material Schedule), Jadwal Peralatan (Equipment Schedule), dan jadwal tenaga kerja (Labor Schedule)
- Perencanaan Mutu (Quality Plan)
- Perencanaan Arus Kas (Cash Flow)
- Perencanaan Kesehatan dan Keselamatan kerja (Safety plan)
- Pemilihan SubKontraktor
- Pnegendalian, Proses membandingkan perencanan dengan realisasi yang dicapai.
3. Site Opration Manager (SOM)
Tugas dan tanggung jawab SOM/Site Opration Manager adalah:
- Melaksanakan pekerjan sesuai dengan perencanaan baik teknis maupun keuangan sebagaimana yang telah disaipkan oleh Unit Engineering.
- Mengkoordinasikan para kepala pelaksana dalam mengendalikan dan mengontrol pekerjaan para mandor dan subkontraktor.
- Membina dan melatih ketrampilan para staf, tukang dan mandor.
- Melakukan penilaikan kemampuan sesuai dengan standar yang di tetapkan.
4. Site Administration Manager (SAM)
Tugas dan Tanggung jawab SAM/Site Administration Manger adalah:
- Menyiapkan urusan administrasi penagihan kepada pemilik proyek
- Melakukan Pencatatan Transaksi ke dalam Jurnal (Media Pembukuan)
- Melakukan Verifikasi seluruh dokumen transaksi pembayaran
- Mengurus Masalah Perpajakan dan Asuransi
Comments
Post a Comment