Tips Mengatasi Dinding Lembab

merupakan tips dan trik di blog ini yang dijelaskan khususnya masalah bangunan, seperti di tulisan ini memaparkan langkah dan cara untuk mengatasi dinding rumah anda yang lembab. berikut merupakan pengantar dan ulasanya terkait masalah tersebut.

Bagaimana sih cara mengatasi dinding atau tembok yang lembab ? tentu saja sangat tidak enak dilihat apabila tembok lembab apalagi kalau sudah semakin parah, tembok yang lembab tersebut bisa mulai berjamur dan berlumut. Selain tidak enak dilihat, tentu aroma dari tembok yang berjamur juga akan menjadi tidak sedap, bahkan yang paling parah kalau sampai merusak dinding, tentunya akan berpengaruh pada kekuatan dinding tersebut kan ?

Nah di artikel ini kita akan bahas caranya, namun terlebih dahulu kita perlu tahu faktor - faktor apa saja yang membuat dinding menjadi lembab. Sebenarnya secara garis besar, faktor utama penyebab lembabnya dinding adalah terpengaruh atau terkena AIR atau UAP AIR yang bisa berasal dari udara. 

Sekarang kita lihat apa saja situasi yang bisa menyebabkan dinding terkontaminasi atau terkena air. situasi yang pertama adalah : 

1. Terkena Air Hujan Langsung
Air hujan jika terkena dinding, maka lama kelamaan dinding tersebut akan menjadi lembab akibat lapisan cat yang mulai menipis dan kehilangan lapisan waterproofnya. Biasanya air hujan bisa mengenai dinding dari percikan air hujan yang jatuh di tanah ataupun ada kebocoran di atap rumah.

2. Dinding Berbatasan dengan Kamar Mandi
Kamar mandi adalah ruangan yang sering berhubungan dengan air, jadi akan sangat menjadi penyebab lembabnya dinding. Biasanya pada dinding kamar mandi, di pasang keramik agar air tidak terkena dinding, namun apabila dinding tersebut tetap lembab, coba di perhatikan bagian sela keramik atau nat keramik, apakah ada bagian yang retak atau rusak, karena hal ini akan menjadi pintu masuk dari aliran air.

3. Pipa yang didalam dinding Bocor
Kalau kasus ini biasanya terjadi pada bangunan bertingkat, soalnya kalau tidak tingkat ngapain pake pipa dalam dinding, hehe.... (bercanda). Biasanya pipa di pasang dalam dinding sebagai jalur air dari lantai bawah ke atas maupun sebaliknya. Jadi kasus pipa bocor dalam dinding ini perlu tukang yang ahli untuk menanganinya. 

 4. Rumah di dekat aliran air seperti sungai/irigasi
Salah satu situasi dinding lembab adalah rumah berada di dekat aliran air seperti sungai atau irigasi. Alasanya dinding menjadi lembab di karenakan uap air yang terkena dinding dan alasan lainnya adalah air tanah yang tinggi di lokasi juga dapat menerobos naik ke dinding menyebabkan dinding bagian bawah rumah juga dapat menjadi lembab.
Sekarang bagamana kita dapat mengatasi masalah dinding lembab ini ?? ada beberapa cara, bergantung situasi terjadinya lembab tersebut dan tingkat kerusakan yang terjadi, yang pertama adalah : 

1. Jika dinding lembab karena faktor eksternal (luar) seperti terkena air hujan, pengaruh uap air, maka langkah yang dapat di lakukan adalah kita cukup membobok atau menghancurkan bagian plesteran dinding yang rusak tersebut dan di plester ulang dengan campuran yang lebih tua misalnya campuran 1PC : 2PS, kemudian di berikan waterproof saat pengecatan, dan gunakan cat yang berkualitas baik.
2. Jika dinding lembab karena penyebabnya pipa yang bocor di dalam dinding, maka perlu di bobok dinding tersebut hingga ketemu pipanya, lalu perbaiki pipa yang rusak tersebut, dan kemudian di plester ulang, aci, dan di cat.
3. Jika penyebabnya adalah karena dinding kamar mandi yang terkena rembesan air, maka keramik yang dipasang pada dinding, perlu di periksa bagian yang muncul lembab tersebut, pasti ada nat keramik yang rusak, cukup pada bagian itulah yang kita perbaiki.

Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Tipe Jenis Agregat

Perbedaan Penambahan Kimia Pada Beton

Konstruksi Jembatan Berdasarkan Material

Perihal Struktur Atas Dan Bawah Bangunan

Pengertian Dasar PLAXIS

Materi Terbaru