Jenis Material Pada Struktur Utama Bangunan

Ketika kita hendak merancang suatu struktur, kita perlu mempertimbangkan Integrasi Sistem bangunan dalam Rancangan struktur tersebut. Apa yang dimaksud dengan Integrasi Sistem Bangunan ? ini adalah hal – hal yang perlu diperhatikan ketika kita akan merancang suatu bangunan, seperti pengaturan pembangunan, sistem transportasi, sistem pencahayaan, dll.

Jenis Material Pada Struktur Utama Bangunan
Aspek – aspek ini perlu diperhatikan karena sangat penting bagi bangunan tersebut, baik selama proses tahap pelaksanaan hingga tahap selanjutnya bangunan akan digunakan. 

Jika tidak ada integrasi sistem bangunan yang baik maka bisa terjadi hal – hal yang tidak diinginkan oleh pihak – pihak yang terlibat seperti keterlambatan proyek, atau masalah lain yang dapat timbul di masa pelayanan struktur tersebut. 

Agar lebih jelas, kita bisa lihat pada gambar dibawah ini, apa yang dimaksud tentang integrasi sistem struktur:
  
Ketika kita akan merancang bangunan, tentu sangat penting untuk mempertimbangkan faktor – faktor yang terlihat pada gambar seperti pengaruh dari cuaca, pengaruh dari kendaraan – kendaraan atau benda atau aktivitas disekitar gedung. Semua hal – hal tersebut akan memberikan pengaruh kepada struktur yang kita bangun, mulai dari pengaruh yang kecil hingga pengaruh yang besar. Adapun kriteria dasar yang perlu diperhatikan, antara lain:

Material struktur dapat dibagi menjadi empat (4) golongan diantaranya yaitu:

A.   Struktur Kayu
Struktur kayu merupakan struktur dengan ketahanan yang cukup, kelemahan dari material ini adalah tidak tahan terhadap api, dan adanya bahaya pelapukan. Oleh karena itu material ini hanya digunakan pada bangunan tingkat rendah.

      B.     Struktur Baja
Struktur baja sangat tepat digunakan pada bangunan bertingkat tinggi karena material baja mempunyai kekuatan serta tingkat daktilitas yang tinggi bila dibandingkan dengan material-material struktur yang lain.

      C.     Struktur Beton
Struktur beton banyak digunakan pada bangunan tingkat menengah sampai dengan bangunan tingkat tinggi. Struktur ini paling banyak digunakan bila dibandingkan dengan struktur lainnya karena struktur ini lebih monolit dan mempunyai umur rencana yang cukup panjang.
     
      d.     Struktur Komposit
Struktur ini merupakan gabungan dari dua jenis material atau lebih. Pada umumnya yang sering digunakan adalah kombinasi antara baja struktural dengan beton bertulang. Kombinasi tersebut menjadikan struktur komposit memiliki perilaku struktur antara struktur baja dan struktur beton bertulang. Struktur komposit digunakan untuk bangunan tingkat menengah sampai dengan bangunan tingkat tinggi.

Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Tipe Jenis Agregat

Perbedaan Penambahan Kimia Pada Beton

Konstruksi Jembatan Berdasarkan Material

Perihal Struktur Atas Dan Bawah Bangunan

Pengertian Dasar PLAXIS

Materi Terbaru