5 Aplikasi Populer Teknik Sipil

Program/aplikasi atau software merupakan suatu aplikasi yang dibuat untuk memepermudah pengguna dalam mengerjakan pekerjaanya. Archicad, lumion, 3dsmax, bentley, SANSPRO merupakan beberapa software yang digunakan orang konstruksi, meskipun software tersebut ketika saya belajar di teknik sipil tahun 2010 sangat minim sekali untuk mendapatkan tutorial-nya.

Bagi orang teknik sipil, kita juga tidak terlepas dari penggunaan software – software yang sangat membantu kita dalam bidang pekerjaan teknik sipil ini. Adapun software - software yang kita gunakan mempunyai fungsi yang berbeda – beda, ada software yang dapat kita gunakan untuk mdndesain, mempercantik (eksterior/interior), menggambar, ada juga untuk analisis struktur, dan ada juga yang dapat di gunakan untuk pengelolaan manajemen.

Postingan ini kamiberbagi tentang pengenalan 5 (lima) software/aplikasi yang populer di bidang teknik sipil, dan sangat berguna pada dunia pekerjaan teknik sipil di Indonesia.

1. ETABS
Extendes Three Dimensional Analysis (ETABS) merupakan salah satu program yang dipakai untuk pemodelan struktur dan analisis. ETABS lebih sering digunakan untuk pemodelan gedung, sementara SAP untuk jembatan. Meskipun kedua program ini bisa digunakan untuk jembatan dan gedung, yang membedakan hanyalah model yang tersedia.

2. AUTOCAD
AUTOCAD adalah software yang sangat umum di gunakan untuk menggambar atau mendesain struktur. software ini akan membantu kita untuk menggambar dalam 2D ataupun 3D, dan aplikasi ini sangat populer untuk digunakan dalam menggambar segala jenis konstruksi jadi biasanya segala jurusan teknik sipil gunakan aplikasi ini untuk menggambar. 

3. MIDAS
Merupakan software untuk analisis struktur dan desain. MIDAS banyak digunakan oleh profesional, mereka yang sudah menguasai ETABS dan SAP, Software MIDAS dibagi beberapa macam sesuai konsentrasi bidang teknik sipil. Jika ingin merencanakan jembatan maka yang digunakan adalah MIDAS Civil, MIDAS Fx modeler, Midas FEA.

Untuk bangunan gedung digunakan Midas Gen, Midas nGen dan midas design+. Sementara untuk geoteknik maka yang digunakan adalah midas GTX NX, Midas SoilWorks, Midas GTS. kemudian yang terakhir midas yang digunakan untuk mekanikal ialah midas NFX.

4.  SAP 2000
Kalau software SAP 2000 ini digunakan untuk menganalisa kelayakan suatu konstruksi khususnya adalah gedung - gedung bertingkat. Dalam penggunaanya, aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi temanya yaitu Etabs. Aplikasi ini bertujuan untuk mencari gaya dan momen yang terjadi pada struktur yang di rencanakan. Jadi yang biasanya menggunakan aplikasi ini adalah mereka yang konsentrasi di bidang struktur. 

5. Google Sketchup
Merupakan software yang banyak digunakan oleh anak desain/arsitektur karena kemudahan-nya. Selain mudah digunakan dengan perintah key yang gampang diingat, sketchup juga ringan jika di instal pada PC/laptop yang mempunyai spek minimum. Google sketcup juga menawarkan berbagai furniture yang bisa diunduh demi memudahkan dalam mengerjakan pekerjaan. Kelebihan yang lain adalah sudah banyak sekali tutorial tentang sketchup.

6. HEC-RAS
Bagi yang konsentrasi di bidang Bangunan AIR, pasti tidak asing lagi sama aplikasi yang satu ini, HEC RAS (Hydrologic Engineering Center's River Analysis System). HEC-RAS merupakan aplikasi untuk memodelkan aliran di sungai dan digunakan untuk analisis bangunan air seperti bendungan dan waduk. Aplikasi ini di buat oleh U.S Army Corps of Enginners (USACE). 

7. PLAXIS
Orang sipil kerja di perusahaan tambang ? bukannya itu bidangnya geoteknik ya ?? Orang teknik sipil itu segala cuaca, nyatanya bisa ilmu geoteknik juga nih, sampai belajar aplikasinya juga, hehehe.... Nah, kamu harus bisa nih aplikasi yang satu ini kalau mau kerja di bidang geoteknik. Plaxis adalah aplikasi yang di peruntukan untuk kalian yang tertarik ilmu geoteknik. Dengan aplikasi ini kamu bisa mendapatkan informasi perihal stabilitas lereng lokasi proyek untuk mencegah longsor dan berbagai runtuhan yang tidak diinginkan.

8. MICROSOFT PROJECT
Buat yang tertarik di bidang Manajemen, ini adalah aplikasi yang harus kalian kuasai, Microsoft Project. kalau udah bisa Microsoft Excel di tambah lagi bisa gunain ini aplikasi, wah di jamin, gak bakalan sulit nyari kerja di bidang teknik sipil sob !!

Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Tipe Jenis Agregat

Perbedaan Penambahan Kimia Pada Beton

Konstruksi Jembatan Berdasarkan Material

Perihal Struktur Atas Dan Bawah Bangunan

Pengertian Dasar PLAXIS

Materi Terbaru