Keunggulan dan kelemahan Material Baja




      Material baja merupakan salah satu material selain beton bertulang dan serat kayu yang digunakan untuk sebuah konstruksi. Material baja sudah lama digunakan sebagai bahan konstruksi mengingat material baja memiliki beberapa keuntungan dibandingkan material lain. berikut beberapa keunggulan baja sebagai material konstruksi antara lain :

  • Mempunyai kekuatan yang tinggi. Baja memiliki kekuatan yang tinggi serta memiliki luas penampang yang lebih kecil dibandingkan dengan beton bertulang. sehingga dapat mengurangi berat sendiri dari struktur itu sendiri. Hal ini di anggap menguntungkan bagi struktur jembatan yang panjang, gedung yang tinggi atau juga bangunan yang berada pada kondisi tanah yang buruk.
  • Keseragamaan dan keawetan yang tinggi. berbeda dengan beton material penyusun baja sangatlah homogen dibandingkan dengan beton yang tersusun dari berbagai material. baja memiliki keawetan yang tinggi bila dilakukan perawatan yang semestinya.
  • Pemasangan mudah dan cepat. Pada masa konstruksi baja sangat mudah disambungkan antarelemen mengunakan alat sambung seperti baut atau las selain itu pemasangannya juga tidak memerlukan waktu yang lama.
  • Daktilitas yang tinggi. karena tegangan baja yang menerima tegangan tarik yang tinggi akan mengalami regangan tarik cukup besar sebelum terjadinnya keruntuhan
  • Sifat elastis, baja mempunyai perilaku yang cukup dekat dengan asumsi asumsi yang digunakan untuk melakukan analisa. sebab baja dapat berperilaku elastis hingga tengangan yang cukup tinggi mengikuti Hukum Hooke. Momen inersia dari suatu profil baja juga dapat dihitung dengan pasti sehingga memudahkan dalam proses analisa struktur.




Selain keuntungan baja juga memiliki beberapa kerugian antara lain :

  • Mudah berkarat karena berhubungan langsung dengan udara atau air. maka perlu dilakukan perlindungan dengan mengecat permukaan baja.
  • Kekuatan baja berkurang drastis akibat kenaikan temperatur yang cukup tinggi. khusus pada gedung apabila terjadi kemabakaran tentunya sangan berbahaya. oleh sebab itu perlu dilapisi dengan fireproofing.
  • Kelemahan lain dari struktur baja adalah masalah tekuk yang merupakan fungsi dari kelangsingan suatu penampang 
  • Selain itu membangun konstruksi baja membutuhkan biaya yang cukup tinggi.
Sekian mengenai keuntungan dan kerugian baja
Refrensi : Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD - Agus Stiawan

Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Tipe Jenis Agregat

Perbedaan Penambahan Kimia Pada Beton

Konstruksi Jembatan Berdasarkan Material

Perihal Struktur Atas Dan Bawah Bangunan

Pengertian Dasar PLAXIS

Materi Terbaru