Cara Menghemat Biaya saat Membangun Rumah




       
Banyak diantara kita bingung untuk memilih membangun rumah atau membeli rumah yang sudah jadi alias tinggal menempati. tapi banyak orang memilih membeli rumah yang langsung jadi dikarenakan beberapahal seperti :


  • Ingin menempati Rumah dengan sesegera mungkin.
  • Tidak ingin repot dalam membangun.
  • Biaya yang besar apabila harus membangun.
  • Waktu yang lama apabila membangun terlebih dahulu.



Namun memilih rumah tinggal yang siap huni memiliki kelemahan diantarannya bangunan tidak bisa  seperti yang kita idamkan/ Harapkan. Karena saat Anda membeli rumah siap huni ya Anda harus menerima setiap keadaan yang ada dirumah tersebut. tentunya pada penempatan posisi ruangan. 



Kali ini saya akan membahas mengenai anggapan " Membangun rumah sendiri itu memerlukan banyak biaya ". Pendapat tersebut memang ada benarnya. tetapi Anda bisa meminimalisir Anggaran dalam membangun rumah Anda dengan Budget tidak terlalu banyak. berikut ini saya akan menjelaskan "Tips membangun rumah hemat Biaya"

  1. Siapkan anggaran yang Anda miliki untuk membangun rumah. Hal ini merupakan proses awal yang penting karena nantinya sebagai acuan Anda untuk memilah bahan bangunan yang akan Anda gunakan untuk membangun rumah.
  2. Setelah menyiapkan Anggaran, Lakukanlah survei harga bahan bangunan dilokasi Anda. Hal ini bertujuan untuk membandingkan harga disetiap toko untuk mencari manakah yang paling relevan. langkah ini tentunya akan menghemat uang saku Anda.
  3. Pilihlah model rumah yang minimalis. guna menghemat lahan dan anggaran.
  4. Rencanakanlah bangunan yang berbentuk simetris ( Ruangan Kotak ) hal ini untuk menghemat pembuatan Kolom dan balok pada Konstruksi rumah Anda. Bayangkan jika rumah Anda berbentuk segilima, tentunya akan membuat banyak Kolom dan balok yang harus Anda buat. Selain itu bangunan yang berbentuk simetris juga dalam menghemat pengunaan lahan milik Anda.
  5. Usahakan jangan terlalu banyak membuat skat dinding pada rumah Anda. gunakan skat hanya pada ruangan ruangan strategis seperti Kamar tidur dan kamar mandi. Hal ini juga akan membuat rumah Anda terlihat luas karena bertambahnya jarak pandang mata.
  6. Buatlah Ruangan multi fungsi. contohnya Anda bisa mengahli fungsikan ruangan tamu sebagai ruangan keluarga.
  7. Bangunlah rumah Anda secara bertahap. Contoh Anda membuat rumah lantai 2, Anda cukup merapikan lantai 1 saja seperti meng-aci semua dinding dan mengecat semua dinding di lantai 1 serta memasang keramik hanya pada lantai 1. Namun apabila Anda memiliki Budget yang memang cukup untuk menyelesaikan rumah Anda maka tidak ada salahnya menyelesaikannya secara keseluruhan.
  8. Gunakan dekorasi pada rumah secukupnya. Dekorasi yang berlebihan selain membuat rumah terlihat sempit tentunya juga akan menguras uang Anda.

Demikianlah bagaimana cara menghemat dalam membangun rumah.
Semoga artikel diatas berguna.

Salam Teknik.

Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Tipe Jenis Agregat

Perbedaan Penambahan Kimia Pada Beton

Konstruksi Jembatan Berdasarkan Material

Perihal Struktur Atas Dan Bawah Bangunan

Pengertian Dasar PLAXIS

Materi Terbaru